Insiden Penerbangan Luar Angkasa


     Telah kita ketahui, sudah banyak roket roket yang berhasil terbang ke luar angkasa. Hal itu berjalan mulus tanpa kendala. Namun tidak semua penerbangan ke luar angkasa berjalan mulus. Ada insiden atau kecelakaan yang menimpa roket maupun maskapai.

     Sudah ada beberapa insiden dan kecelakaan yang berkaitan dengan penerbangan luar angkasa (Spaceflight), secara umum, 18 Astronaut dan Kosmonaut tewas dalam insiden Spaceflight. Sebagai tambahan, ada beberapa insiden yang berkaitan dengan luar angkasa(misalnya sedang latihan/sedang ujicoba) seperti Apollo 1 yang meledak di Launch pad.

     thread ini tidak memuat insiden dalam misi Rudal/Balistik milik Nazi maupun Soviet Pada Perang Dunia II, dan juga tidak memuat teori konspirasi mengenai hilangnya kosmonaut soviet di luar angkasa (read: Lost Cosmonaut)

Soyuz 1



Kosmonaut : Vladimir Komarov
Waktu Peluncuran : 23 April, 1967 00:35:00 UTC
Waktu Berakhir : 24 April, 1967 03:22:52 UTC
Landing Site : 51.3615°N 59.5622°E

     Misi 1 hari ini benar-benar gagal, karena Jenis Spacecraft yang baru ini. Kejadian ini terjadi karena parasut Soyuz 1 tidak terbuka secara benar pada saat re-entry ke bumi. Hasilnya, spacecraft jenis baru ini mendarat dalam keadaan yang tidak bisa dibedakan lagi antara abu spacecraft sama abu manusia dapat kita bayangkan betapa ngerinya jika kita dari langit di bumi, terjun tanpa parasut.

Soyuz 11



Kosmonaut : Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev, Vladislav Volkov
Waktu Peluncuran : 6 Juni, 1971, 07:55:09 UTC
Waktu Berakhir : 30 Juni, 1971, 02:16:52 UTC
Landing Site : 47.35663°N 70.12142°E

     Kru dari Soyuz 11 terbunuh setelah "undocking" dari Stasiun Luar Angkasa, Salyut 1, insiden ini terjadi karena katup ventilasi kabin dari Soyuz 11 secara tidak sengaja terbuka.

     Mulanya, re-entry berjalan normal, namun ketika tim penyelamat datang (jaman dulu, landing spacecraft sebelum ada space shuttle tuh di laut, di daerah2 yang tidak terjamah, dll) Tim penyelamat menemukan bahwa ketiga kru Soyuz 11 tewas, diperkirakan, kru soyuz 11 tewas dalam ketinggian 100km dari bumi (Kejadian Soyuz 11 hanya satu-satunya kejadian fatal yang terjadi di luar angkasa)

     jadi, ketika masuk lagi ke bumi, Ventilasi Soyuz 11 secara tidak sengaja terbuka, kebayang kan, dalam kecepatan tinggi, dalam panas yang ga kira-kira yang dihasilkan dari gesekan, tiba-tiba ada yang terbuka.

STS 51-L (Challenger)



Astronaut :Francis R. Scobee, Michael J. Smith, Ellison S. Onizuka, Judith A. Resnik, Ronald E. McNair, Gregory B.Jarvis, S. Christa McAuliffe
Waktu Peluncuran : 28 Januari, 1986, 16:38:00 UTC
Waktu Berakhir : (Direncanakan) 3 Februari, 1986, 17:12 UTC
Landing Site : (Direncanakan) Kennedy Space Center

     Challanger merupakan insiden dalam Pelaksanaan Misi pertama yang dialami oleh Amerika, Challanger STS-51L meledak dalam 73 detik setelah lepas landas.

     Hal ini terjadi karena Cincin O-Ring yang berfungsi mensegel gas gagal, sehingga gas panas dari Rocket Peluncur mengenai booster dari Roket tersebut, hasilnya? Pesawat Ulang Alik ini berhasil mengudara selama 73 detik sebelum akhirnya meledak.

TS-107 Columbia



Astronaut : Rick D. Husband, William C. McCool, David M. Brown, Kalpana Chawla, Michael P. Anderson, Laurel B. Clark, Ilan Ramon 
Waktu Peluncuran : 16 January 2003 15:39:00 UTC
Waktu Berakhir : 1 February 2003, 13:59:32 UTC
Landing Site : (Direncanakan) Kennedy Space Center

     Saat peluncuran, busa dari tangki bensin menembus bagian bawah Pesawat ulang-alik, hal ini tidak diketahui oleh siapapun, karena hal ini dibiarkan, Busa tersebut menembus bagian sayap kiri pesawat sehingga sayap kiri tersebut berlubang.

     Akhirnya, pada saat Re-entry, Panas yang dihasilkan atmosfir membuat pesawat menjadi tidak stabil, diperparah lagi karena lubang yang terdapat disayap kiri, pada akhirnya, pesawat Columbia tersebut benar-benar kehilangan kendali, Rick Husband dan Willie McCool tetap memperjuangkan pesawat tersebut hingga akhirnya, semua Kru Tewas.

Ps : NASA telah mengetahui bahwa busa telah menabrak bagian bawah pesawat, namun hal ini diabaikan.

Apollo 1



Astonaut : Roger Chaffee, Ed White dan Gus Grissom
Waktu Peluncuran : (Direncanakan) February 21, 1967 
Durasi Misi : (Direncanakan) 2 Minggu
Landing Site : Unknow

Dalam Tes peluncuran, Komunikasi antara pesawat dan NASA terhambat, sehingga Gus Grissom berkata "Bagaimana kita bisa mencapai bulan jika berkomunikasi saja susah" perkataan ini akan menjadi kata yang akan selalu diingat oleh NASA.
     
     Dalam perhitungan mundur, tepatnya pukul 6:31PM, terdengar perkataan yang sangat menyeramkan dari Spacecraft, "Fire"
     
    Para kru berusaha keluar dari Spacecraft, namun karena panas luar biasa, pintu menjadi sulit terbuka, Pada Akhirnya, pintu tersebut terbuka, namun semua telah terlambat.

Apollo 13



Astronaut : James A. Lovell, John L. "Jack" Swigert, dan Fred W. Haise
Waktu Peluncuran : April 11, 1970
19:13:00 UTC
Waktu Berakhir : April 17, 1970
18:07:41 UTC
Landing Site : Samudra Pasifik Selatan
Misi : [Dibatalkan] Mendarat di Fra Mauro (Bulan)

     Apollo 13, peluncuran yang tidak populer karena NASA sebelumnya telah meluncurkan Apollo 11 dan Apollo 12, sehingga masyarakat merasa bosan dengan pendaratan di bulan.

     Tiba-tiba 320.000km Dari Bumi, Para Astronaut mendengar suara 'BANG" yang sangat keras, mereka mengira, bahwa Asteroid telah menabrak Lunar Module mereka.

    Lovell berkata kepada Mission Control, "Houston, We've had a problem" (Houston, kita mengalami masalah), Pernyataan ini nantinya akan menjadi sangat populer

     Sebenarnya, Tank Oksigen nomor 2 telah meledak, Kebayang kan oksigen meledak? nah, akhirna, Para astronaut menggunakan Lunar Module yang seharusnya digunakan untuk mendarat di Bulan untuk kembali ke Bumi, mereka menggunakan gravitasi untuk kembali ke Bumi, ceritanya, ni astronaut sempet mengelilingi bulan sebelum akhirnya kembali ke Bumi menggunakan gaya Gravitasi.


Thansk to : kaskus.co.id

Komentar